Sabtu, 10 Maret 2012


10 Pilihan Tempat Wisata Nasional Indonesia





Berikut ini hitung mundur 10 tempat wisata terbaik di Indonesia sepanjang 2011yang dihimpun detiktravel, Jumat (23/12/2011):

10. Toraja

Di nomor urut 10, ada Toraja di Sulawesi Selatan. Toraja yang terkenal dengan ragam tradisi budayanya selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu tradisi yang paling diincar para wisatawan adalah upacara pemakaman Toraja. Mereka rela datang berjauh-jauh untuk mengunjungi pemakaman Toraja.
Tradisi pemakaman di Toraja sangat khas dan hanya bisa digelar oleh keluarga bangsawan saja. Upacara pemakaman berlangsung selama berhari-hari, dan sebagai acara puncak akan diadakan penyembelihan kerbau. Yang menarik perhatian para wisatawan adalah tata cara pemakamannya. Jenazah yang akan disemayamkan di atas bukit, dibiarkan berjalan sendiri. Apa? Berjalan sendiri?
Magic! Prosesi magi dengan dipimpin paranormal Toraja akan menampilkan adegan tiada dua di dunia ini. Jenazah yang “berjalan” sampai di atas bukit kemudian dikubur di makam batu berukir.
Untuk menggenjot pariwisata di Toraja, sepanjang bulan Desember ini ada acara Lovely December dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, untuk semakin menarik perhatian wisatawan. Berbagai kesenian budaya Toraja akan ditampilkan di festival ini. Tak heran jika Toraja semakin dipadati turis di sepanjang tahun 2011ayng akan berakhir ini.

9. Karimun Jawa

Wisata air memang tengah naik daun di tahun2011. Salah satu kepulauan yang sedang berkembang pariwisatanya adalah Kepulauan Karimunjawa. Para wisatawan domestik berbondong-bondong datang ke kepulauan ini karena pantainya yang masih bersih dan alam bawah lautnya yang begitu indah. Karimunjawa menjadi tempat favorit anak-anak muda yang mulai menjalani hobi backpacker. Jika ingin bertualang menyeberang laut, tinggal di pulau, menikmati alam bebas untuk pertama kali, Karimunjawa pasti menjadi tujuan mereka.
Para penyelam profesional pun telah mengakui keindahan alam bawah laut Kepulauan Karimunjawa. Di sini, Anda akan terpesona dengan kehadiran beberapa satwa langka, seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas) yang bebas berenang. Karimunjawa memiliki beberapa spot penyelaman yang bagus, seperti Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Genting dan Pulau Kembar.
Satu yang tak boleh ketinggalan adalah mengunjungi Pulau Menjangan Kecil. Di sana Anda akan merasakan sensasi berbeda dengan berenang bersama hiu dalam satu kolam. Menantang bukan?

8. Kepulauan Derawan

Ingin tahu surga diving di Indonesia selain Raja Ampat? Datanglah ke Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Inilah surga diving kedua di Indonesia yang menjadi buah bibir banyak orang pada tahun 2011.
Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Jadi, jangan lupa untuk menyelam, karena Anda akan disuguhkan dengan aneka terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau kecil, seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sanglaki, dan Pulau Kakaban.
Pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Kakaban. Para penyelam dari dalam dan luar negeri berlomba-lomba untuk bertemu dengan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas) yang tengah asyik berenang di laut. Selain itu, tempat yang tidak boleh dilewatkan bila berkunjung ke tempat ini adalah Danau Kakaban yang merupakan laguna. Danau ini terbentuk dari air laut yang terjebak di dalam pulau selama ratusan tahun dan bercampur dengan air hujan. Jika bertandang ke danau ini, Anda bisa melihat ubur-ubur yang berenang terbalik, tentakelnya di atas. Danau seperti ini hanya ada dua di dunia, koleganya ada di Uganda, yaitu Danau Victoria.
Derawan semakin eksis di dunia internasional. Pada April 2011 lalu, Kepulauan Derawan unjuk gigi di dalam Asia Dive Expo 2011 di Singapore. Ini semakin menguatkan Derawan sebagai top destinasi di tahun 2011.

7. Tanjung Puting

Masih ingat kasus pembantaian orang utan (Pongo pygmaeus) di Kutai? Sungguh peristiwayang menyayat hati. Namun, Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), di Kotawaringin, Kalimatan Tengah akan mengobati sakit hati Anda, dengan kisah-kisah sukseskonservasi hewan langka itu.
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di TNTP, tak heran jika banyak yang mengatakannya sebagai kawasan wisata lengkap. Di sini, Anda bisa melihat aktivitas orang utan secara langsung. Jika datang ke TNTP, rasa menyatu dengan alam akan menelusup ke jiwa setiap pengunjung, ditambah dengan melihat pusat rehabilitasi orang utan.
Bukan cuma itu, TNTP juga menawarkan olahraga yang memicu adrenalin, seperti jungle tracking dan river cruising di Sungai Sekonyer. TNTP juga surga bagi Anda pecinta burung. Anda bisa melakukan pengamatan melalui Sungai Buluh dan Danau Burung.
Wisata lengkap yang disajikan TNTP menjadikannya masuk ke nomor urut tujuh topdestinasi di tahun 2011.

6. Toba

Satu lagi top destination tahun 2011 adalah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau Toba menawarkan banyak wisata menarik, seperti wisata alam, spiritual, sejarah, arsitektur dan kuliner. Suasananya yang sejuk dan menyegarkan suksesmengundang para wisatawan untuk datang ke tempat ini.
Tidak ada kata yang mampu melukiskan keindahan pesona danau terbesar kedua di dunia ini. Danau Toba bukan kawasan wisata main-main, ini adalah bekas supervolcano terbesar di dunia. Sejarah mencatat Danau Toba di Sumatera Utara dulunya adalah gunung berapi luar biasa besar alias supervolcano. Toba pun digadang-gadang sebagai situs geo park terbesar di Indonesia. Di Pulau Samosir sendiri ada sekitar 35 geosite, salah satunya adalah batu berumur 300 tahun di kaki Gunung Pusuk Buhi.
Rencananya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) akan membangun diorama mind map untuk menjelaskan sejarah terbentuknya Danau Toba setelah letusan supervolcano Toba sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Akan ada teater animasi ilmiah soal meletusnya Gunung Toba, terbentuknya Danau Toba dan terbentuknya Pulau Samosir.
Untuk lebih menarik wisatawan, Pesta Danau Toba pun diselenggarakan Pemprov Sumatera Utara. Rencananya, pesta ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-30 Desember 2011. Berbagai pertunjukan seni budaya juga akan memanjakan mata Anda. Bersiaplah untuk melihat keramaian Danau Toba akhir di tahun ini.

5. Bali

Bosan libur ke Bali? Nggak mungkin! Liburan seru apa yang tidak ada di Pulau Dewata ini. Bali menjadi satu kesatuan wisata yang membuatnya tidak bisa dipisah-pisah hanya sekadar Kuta atau Ubud saja.
Spot wisata untuk turis asing paling ngetop dari Indonesia masih dipegang oleh Bali. Pantai-pantainya tak pernah sepi dari turis mulai dari Kuta, Sanur, Nusa Dua, sampai Lovina di utara. Mau suasana pedesaan ada Ubud, mau pegunungan ada Bedugul atau Tabanan. Tempat clubbing paling happening ada di Seminyak. Ingin memacu adrenalin, coba saja surfing, parasailing atau rafting. Semua ada di Bali.
Bali juga secara kultural sangat unik dan kuat. Tari Kecak, Barong Bali, Ayam Betutu, semua suka. Para turis mendadak ikut menjadi orang Bali jika berlibur di sini. Siapa sih yang belum pernah memakai Udeng, ikat kepala khas Bali, atau sekadar menyelipkan bunga kamboja di telinga.
Pamor Bali semakin moncer setelah film ‘Eat, Pray, Love’ yang dibintangi Julia Roberts pada 2010. Film ini sukses menarik ribuan orang selama 2011 untuk napak tilas ke berbagai lokasi syutingnya, dari Pantai Padang-padang sampai rumah Ketut Liyer yang terkenal.

4. Belitung

Negeri Laskar Pelangi, begitulah sebutan yang kini dilekatkan dari novel Andrea Hirata, kepada spot wisata yang satu ini. Namun Belitong atau Belitung tidak hanya menawarkan manusia-manusia penuh semangat yang dikisahkan Andrea.
Belitung punya sejumlah pantai luar biasa yang juga digambarkan dalam novel Andrea. Silakan datang ke Pantai Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ikonik dengan bebatuan granit yang tersusun indah. Para turis berlomba-lomba naik ke atas batu sambil membayangkan menjadi ‘Si Ikal’. Belitung pun masih punya Pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Lengkuas untuk mereka penggemar snorkeling.
Tidak salah jika perhelatan bahari besar-besaran digelar pada Oktober 2011 silam. Sail Belitung namanya. Aneka kapal yacht berlayar ke sini, ada pula pemecahan rekor dunia bermain catur dalam air.

3. Yogyakarta

Jika spot wisata lain menjual alam, Yogyakarta menjual budaya. Kota ini sungguh menarik hati para traveler karena perpaduan Kraton Ngayogyakarta, Jalan Malioboro dan angkringan nikmat di malam hari.
Segala yang Anda rasakan dengan panca indera di kota tempat berkuasa Sultan Hamengkubuwono X ini, sungguh berharga untuk sebuah pengalaman liburan. Suasana Yogya yang khas, tidak bisa Anda temui di tempat lain.
Yogyakarta menawarkan pengalaman liburan spesial selama 24 jam. Dari blangkon sampai batik, dari bakpia sampai gudeg. Tak pernah cukup rasanya bicara Yogyakarta. Bonus untuk Anda adalah Candi Borobudur dan Prambanan, yang juga dikunjungi turis yang berlibur di Yogyakarta.
Royal Wedding Kraton Yogyakarta adalah pengalaman budaya tiada dua untuk para turis di tahun 2011. Pernikahan antara GKR Bendara dengan KPH Yudanegara adalah momen istimewa saat kereta-kereta kencana ditampilkan, bahkan angkringan digratiskan. Momen ini disandingkan dengan Royal Wedding kerajaanInggris.
Usai liburan di sana, Anda harus mengakui kata-kata ini: Jogja Memang Istimewa.

2. Taman Nasional Komodo

Anda masih ingat betapa melelahkannya kontroversi New7Wonders sepanjang tahun 2011. Tapi pada akhirnya, Taman Nasional Komodo terpilih sebagai tujuh keajaiban alam baru, sebagai bentuk pengakuan dunia atas keistimewaan Komodo.
Tempat terakhir melihat naga, begitulah komentar para bule tentang Komodo Dragon. Kadal terbesar di dunia ini pula yang menjadi magnet para wisatawan di seluruh dunia untuk datang ke sana.
Namun Taman Nasional Komodo tidak hanya menjual kadal raksasa. Di bawah air, keindahan tempat ini juga diakui para traveler. Diving spot di sekitar Taman Nasional Komodo, sudah diakui pesonanya.
Pulau Komodo memilihi banyak titik diving yang menarik. Mula dari Sebayour Kecil, Pulau Tengah Kecil dan Pantai Merah ada banyak atraksi bawah laut seperti beragam mackerel, kod dan ikan kerapu. Di Pantai Merah, tidak jauh dari pantai, ada juga banyak lokasi penyelaman di pantai bagian barat dari Flores seperti, Pulau Tatawa, Pulau Tatawa Kecil, Pulau Rinca dan Pulau Nusa Node.
1. Raja Ampat
Ini dia spot wisata yang paling menjadi buah bibir sepanjang tahun 2011. Semua orang bicara soal Raja Ampat, di Papua, termasuk aneka kicauan di Twitter dansocial media lain. Berlibur ke Raja Ampat tiba-tiba menjadi obrolan semua orang. Apapun kabar terbaru dari Raja Ampat, pasti dilahap habis para traveler. Ongkos yang masih mahal menuju ke sana, tak menyurutkan orang untuk bermimpi ke Raja Ampat.
Namun Raja Ampat memang bukan main-main. Keindahan alamnya disebut-sebut karya agung Tuhan. Wayag, gugusan gunung karang yang mencuat dari lautan, diyakini lebih indah dari Halong Bay milik Vietnam.
Jika apa yang ada di atas laut sudah mempesona Anda, tunggu sampai Anda menyelam ke dalam lautan biru jernih di Raja Ampat. Terumbu karang dengan aneka biota laut yang cantik, akan membuat Anda jatuh cinta.
Kabar baiknya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mempermudah Anda berlibur ke sana. Raja Ampat akan masuk dalam program Destination Management Organization 2012 dimana akan lebih diperhatikan khusus akses ke sana, termasuk perbaikan infrastruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar